Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Keuntungan Menjadi Divisi Humas pada Sebuah Kegiatan

Menurut Howard Bohham, pengertian humas atau public relations adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik yang dapat memperdalam kepercayaan publik yang lebih baik atau pemberdayaan lebih tinggi terhadap suatu lembaga atau organisasi.

Mengadakan suatu kegiatan itu lazim bagi para mahasiswa, terlepas dari apakah kegiatan tersebut memang benar-benar worth it atau sekedar buat nambahin proker aja. Berbeda dengan kegiatan di sekolah, kegiatan yang ada di kampus tidak mesti dijalankan oleh anggota SEMA, DEMA atau UKM saja. Semua mahasiswa bisa berpartisipasi karena nantinya akan diadakan open recruitment bagi calon panitia.

Pada saat open recruitment, calon panitia akan diberikan opsi untuk memilih di divisi mana ia akan bekerja. Tentu dengan alasan mengapa ia memilih di divisi tersebut.

Semakin sering saya mengikuti kegiatan, ternyata saya menyadari bahwa ada hal mulia dan keistimewaan yang di dapat menjadi divisi humas, dan tentu diamini oleh beberapa partner kerja saya sebelum seluruh divisi bekerja sesuai yang didapat dalam kegiatan.

Salah satu mahasiswa Aktivis yang saya temui yaitu Yusron Afif semester 6 prodi Tarbiyah juga mengungkapkan sudah menjadi humas berpengalaman dan Ahli dalam sebuah acara karena menjadi humas tidak satu, dua kali tapi sudah beberapa kali, dirinya mengungkapkan ada keistimewaan menjadi humas dan juga cocok untuk mahasiswa gabut seperti dia katanya.

Keistimewaan yang di dapat menjadi humas diantaranya.

1. Melatih diri menjadi Tipe orang-orang yang gercep dan nggak lelet.

Lha bisa bahaya kalo anak humas males-malesan, bisa-bisa miskomunikasi. Wah kalau begitu bisa kena semprot sama anak acara ketika tidak sat set.

2. Menambah relasi.

keuntungannya anak humas yang kedua yaitu biasanya bisa dikenal sama narsum atau peserta kegiatan. Lha gimana nggak dikenal, emang tugasnya begitu. Lumayan kan buat nambah relasi, klise sekali.

Minusnya ya mungkin harus merelakan uang bensinnya nggak dibalikin karena alasan “penghematan anggaran”. Asem, udah capek kesana kemari, minus bensin lagi hhhh.

3. Selalu tampil keren dan menarik.

Kesan pertama dari seorang divisi humas adalah penampilan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan penampilan agar diri Anda terlihat keren dan menarik di mata orang lain. Orang akan suka berinteraksi dengan Anda karena penampilan Anda yang bersih, rapi, elegan dan profesional.

Tak hayal terkadang berpenampilan rapi memakai jaket dan mengendarai motor Revo di bilang temen-temen tukang bank atau nagih hutang hhhh.

4. Pandai berkomunikasi dan ahli bicara di depan publik.

Kegiatan seorang divisi humas selalu berkaitan dengan komunikasi, seperti presentasi, pidato, negosiasi, dan melakukan lobi. Memang ini menjadi keahlian khusus yang dimiliki oleh seorang divisi humas. Oleh karena itu, komunikasi sudah menjadi bagian dari hidup Anda dan Anda tidak merasa kesulitan saat harus berbicara di depan orang banyak kadang di kampus bisa dikatakan orang dobol lah hhh.

5. Ujung tombak pendanaan di dalam sebuah kegiatan.

Seorang divisi humas biasanya tidak hanya mengasihkan undangan atau mendokumentasikan acara saja akan tetapi ada yang mulai dari humas yaitu mencari pendanaan untuk suksesi suatu acara hhhh, betapa pontang-pantingnya devisi humas demi kegiatan berjalan tanpa terkendala di biyaya.

Itulah keistemewaan dan kelebihan yang didapat menjadi struktural kepanitiaan di divisi humas, mulia sekali kan lur ... Hhhhhh

Kontributor : Habibur Rohman

Editor : Asnal Masyawi

Posting Komentar

0 Komentar