Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PBAK STAIKA 2020 Tak Lama Tapi Mengena



JURNALISKA – Tahun ajaran baru akan segera dimulai, berbagai kampus yang telah menerima pendaftaran mahasiswa baru mulai melakukan pengenalan kampus kepada mahasiswa baru. Tidak jauh beda dengan kampus lainnya, STAI Al-Kamal juga melakukan pengenalan kampus melalui sebuah kegiatan yang bernama PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan).

Konsep yang diambil pada PBAK tahun ini cukup berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, mengingat pandemi virus covid-19 yang belum usai. Beberapa kampus di Indonesia melangsungkan kegiatan yang dulunya bernama ospek ini secara online. Namun, STAI Al-Kamal memutuskan untuk mengadakan pengenalan kampus ini secara tatap muka, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat sesuai anjuran pemerintah.

PBAK STAIKA berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 28-29 Agustus 2020. Acara dimulai pukul 07:30 sampai dengan 17:00 tanpa menginap seperti tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan ini diikuti oleh 53 peserta yang berasal dari mahasiswa baru dan mahasiswa lama yang pada tahun sebelumnya belum bisa mengikuti PBAK.

Walaupun berlangsung cukup singkat, PBAK tahun ini lebih mengena ke mahasiswa baru. Jika PBAK sebelumnya materi yang disampaikan bersifat pengetahuan umum, pada PBAK tahun ini lebih berfokus pada materi tentang kampus dan kemahasiswaan. Adapun beberapa materi yang disampaikan di antaranya materi administrasi kampus, akademik kampus, keorganisasian, kemahasiswaan, dan testimoni para alumni STAIKA. Dengan deretan materi yang disampaikan, mahasiswa baru bisa mengenal lebih mendalam kampus yang akan menjadi tempat mereka menimba ilmu.

Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Ali Yusni ketua panitia PBAK STAIKA 2020. “Tujuan diadakannya PBAK ini untuk lebih mengenal budaya kampus dan akademik kampus, agar mahasiswa bisa lebih mempersiapkan ke depannya nanti,” ungkap mahasiswa semester empat itu.

Tidak hanya monoton pada materi saja, PBAK STAIKA 2020 juga diisi dengan outbond, permainan, dan pentas seni. “Menurut saya sangat seru ya, karena kegiatannya juga banyak dan asyik, panitianya juga ramah-ramah, pesertanya juga seru gitu,” ungkap Abul A’la, salah satu peserta. Sebelum acara ini ditutup, beberapa peserta terpilih menerima berbagai hadiah dorprize yang menambah kebahagiaan mereka.

Acara PBAKA STAIKA 2020 ditutup tepat pada pukul 16:58 WIB. Setelah itu, peserta yang dinyataan lulus PBAK langsung diberi sertifikat PBAK sebagai salah satu syarat mengikuti ujian skripsi.

Penulis : Asnal Masyawi | Editor : M. Kanafi

Posting Komentar

0 Komentar