Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Peduli Lingkungan, PAC GP Ansor Sedan Melakukan Pembibitan Pohon

Sebagai wujud bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan juga mendorong kesadaran masyarakat untuk memulai pembibitan pohon untuk masa mendatang, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Sedan, dalam rangka memperingati harlah NU ke-98 menyongsong satu abad mengadakan pembibitan 100 biji bibit, Minggu (28/02/2021) desa Candi Mulyo .

Pembibitan 100 pohon yang diikuti kader Gerakan Pemuda Ansor sedan dan Bagana (Banser Siaga Bencana) itu, berlangsung di desa Candi Mulyo Kecamatan sedan.

Pembenihan 100 bibit pohon tersebut diantaranya 50 mahoni, 30 asem londo, 20 jati, nantinya supaya untuk generasi mendatang karena nenek moyang telah meninggalkan yang terbaik sehingga bisa dinikmati generasi saat ini. Karena itu, merupakan kewajiban generasi sekarang untuk merawat dan meneruskan agar generasi mendatang juga merasakan manfaat yang sama.

Salah satu Anggota PAC. GP. Ansor Sedan, Syamsuddin mengatakan, tema dari kegiatan ini adalah “Ansor Sedan Peduli Lingkungan Hijaukan Alam” 

Selain dilakukan pembibitan nantinya kedepan akan tetap di pantau sampai nantinya di pindah untuk di tanam di sekitar pegunungan yang rawan banjir dan longsor.

"Pembibitan Pohon secara bersama-sama ini merupakan langkah awal dilakukan dalam rangka membantu menanggulangi bencana yang akhir-akhir ini marak terjadi. Kedepan bibit-bibit ini akan ditanam di daerah yang rawan musibah seperti banjir dan longsor juga untuk penghijauan dan kelestarian alam nantinya menghasilkan udara bersih dan air bersih, yang hari-hari ini mulai banyak yang di rusak akibat ulah jahil manusia itu sendiri", tuturnya.

Ia mengajak kepada seluruh masyarakat yang berada di wilayahnya untuk ikut serta merawat dan menjaga sejumlah bibit tersebut. Hal ini harus dilakukan atas dasar kesadaran masing-masing individu, bahwa menjaga kelestarian alam atau lingkungan sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia.

Menurutnya penghijauan sebetulnya merupakan sikap yang saling menguntungkan antar manusia dan alamnya bisa dibilang manusia yang menjaga lingkungan sebenarnya menjaga dirinya sendiri.

"Dengan pembibitan pohon maka artinya kedepan kita juga menanamnya, kita jaga alam, maka alam akan menjaga kita”, jelasnya.


Pembibitan ini sudah tepat untuk nantinya datanam untuk berlangsungnya keberadaan jenis pepohonan didaerah pegunungan karena sebagai paru-paru dunia dan menjaga agar tidak terjadi perubahan iklim yang ekstrim. Pepohonan dan hutan akan menjaga lingkungan hidup flora fauna, menjaga kesuburan tanah dan rangkaian ekosistem yang penting bagi kehidupan manusia, disamping sebagai alat menabung, untuk air.

Kontributor : Habibur Rohman


Posting Komentar

0 Komentar