Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pengumuman Libur Puasa dan Penyesuaian Jadwal Kuliah STAI Al-Kamal Selama Bulan Ramadan


JURNALISKA.COM,SARANG. Berdasarkan surat edaran Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kamal Sarang dengan nomor : A/034/S1-SAIKA/IV/2021 tentang pelaksanaan kegiatan Akademik pada bulan Ramadan 1442 Hijriah di lingkungan STAI Al-kamal Sarang dan hasil rapat pimpinan STAI Al-Kamal Sarang pada hari Sabtu, 3 April 2021 menyatakan bahwa pelaksanaan kegiatan akademik pada tanggal 13 – 17 April 2021 adalah libur awal puasa, kegiatan pembelajaran dimulai tanggal 20 April 2021 dilakukan dengan Daring/online, kegiatan yang berhubungan dengan proses konsultasi, bimbingan, administrasi akademik, dan hal lainya, dikoordinasikan dengan pihak yang bersangkutan, kegiatan pembelajaran dimulai tanggal 25 Mei 2021 dilakukan secara tatap muka/luring/offline, serta ujian akhir semester genap tahun Akademik 2020/2021 di laksanakan pada tanggal 22 Juni 2021.

Bulan puasa merupakan bulan yang paling utama dari bulan lainnya. Karena apa ? Semua aktifitas dibulan Ramadan akan dilipatgandakan. Apalagi selama bulan Ramadan kita isi dengan hal-hal yang baik, dengan belajar dan ibadah lainnya dibulan Ramadan, maka pahala yang kita dapat dua kali lipat dari pahala biasanya.

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Kamal merupakan salah satu perguruan tinggi di Kota Sarang yang menjadwalkan masuk kuliah dibulan Ramadan. Perkuliahan yang sebelum Ramadan adalah tatap muka yang dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, akan tetapi selama bulan Ramadan menggunakan sistem online.

“Pastinya ada sedikit kelebihan maupun kelemahan pada sistem ini. Kelemahan untuk sistem ini yang pertama adalah terkendala pada signal dan kuota yang seringkali mahasiswa mengeluh untuk mengikuti perkuliahan, selain membutuhkan kuota banyak, Mahasiswapun selama daring tak ada subsidi kuota gratis dari pemerintah maupun civitas akademika” ungkap Humam, mahasiswa semeter enam jurusan Menejemen Pendidikan Islam.

“yang kedua adalah bagi mahasiswa yang notabennya adalah seorang ibu rumah tangga (IRT) karena perkulian sore, maka kegiatan ini sangat tidak cocok atau berbenturan dengan jadwal memasak untuk mempersiapkan buka puasa. Karena melihat jadwal-jadwal yang dulu ketika bulan puasa seperti ini aktifitas perkuliahan diliburkan/ditiadakan. Itulah kelemahan dari jadwal perkuliahan sistem online dibulan Ramadan.” Imbuhnya.

Akan tetapi banyak juga kelebihan diantaranya, kemudahan Bapak/Ibu Dosen dalam menyampaikan materi serta pemanfaatan teknologi di masa pandemi, karena sesuai anjuran pemerintah sejak adanya Covid-19 pembelajaran berlangsung secara online (daring).


Ketua Dewan Eksekuif Mahasiswa, Habibur Rohman juga menanggapi bahwa momentum kuliah online ini, seyogyanya menjadi kaum intelektual kita isi hal yang produktif.

"Alhamdulillah libur puasa telah datang dan tak terasa di semester genap ini kita menemui Ramadan dan surat edaran libur puasa juga di layangkan juga jadwal kuliah online sudah keluar karena mayoritas dari mahasiswa Staika memang kalangan pesantren/religius, Alhamdulillah pihak kampus juga tanggap tentang hal ini menjadikan ruang untuk teman – teman mahasiswa untuk ngaji pasanan dan juga fokus beribadah untuk mendapat keberkahan di bulan yang penuh berkah ini, juga momentum kuliah online ini. seyogyanya menjadi kaum intelektual mari kita isi hal yang produktif contoh saja menulis,membaca, membantu orang tua dll biyar di rumahnya tidak sia". terang Habib.

"Pengumuman libur puasa cukup melegakan ya,karena basic waktu perkuliahan di kampus kita ini kan jam 1 sampai menjelang Maghrib,dimana waktu² itu orang-orang udah pada ribet nyiapin kebutuhan untuk buka puasa terutama yang perempuan". Imbuhnya

“Jadwal kuliah online selama bulan puasa berjalan dengan baik, dan menurutku lebih efisien daring dari pada tatap muka." ucap Linda mahasiswa semester empat


Penulis  : Shohibul Burhan

Editor    : Habibur Rohman


Posting Komentar

0 Komentar