Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hasil Pantauan Hilal 1 Syawal Belum Terlihat di Rembang

Rembang, Jurnaliska.com - Badan Hisab Rukyatul Hilal (BHR) Kementerian Agama Kabupaten Rembang kembali menggelar Rukyatul Hilal 1 Syawal di Wisata Watu Layar, Desa Binangun, Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang untuk menentukan 1 Syawal 1442 Hijriah. 

Sebagai informasi, rukyatul hilal adalah pengamatan kemunculan bulan untuk menentukan awal Syawal.

Kali ini, memang dari Kemenag Rembang sengaja tidak mengundang dari instansi terkait untuk hadir. Akan tetapi, Hisab kali ini dihadiri dari berbagai lembaga, diantaranya Ponpes Alhamdulillah, MA Nahjatus Sholihin, dan STAI Al-Kamal Sarang.

"Kementerian Agama Kabupaten Rembang melaksanakan Rukyatul Hilal untuk menetapan awal bulan Syawal 1442 H. Ini dilakukan di Wisata Watu Layar karena memang tempat yang cocok dan pas untuk melihat hilal," ucap Ali Muhyidin Ketua Rukyatul Hilal Kabupaten Rembang, Selasa (11/5/2021).

Lanjut, Ali Muhyidin menjelaskan, bahwasanya pantauan kali ini di Watu Layar hilal belum terlihat.

"Ini di Watu Layar hilal belum terlihat, karena memang secara hisab Hilal di atas ufuk sampai saat ini belum sampai terlihat. Nantinya, Rukyatul Hilal hari ini kita kirim ke kantor pusat untuk di jadikan bahan untuk Isbat, artinya kita cuman sebagai sebatas info mengabarkan yang ada di lapangan," lanjut Ali Muhyidin saat di wawancarai tim Jurnaliska.

Kegiatan Rukyatul Hilal ini dihadiri dosen STAI Al-Kamal dan kepala MA Nahjatus Sholihin sebagai penyemangat dari teman-teman yang hadir.

"Acara kali ini memang sangat perlu dan penting karena untuk menunjang pengetahuan dari mahasiswa dan siswa. Ini sebagai wawasan apalagi mahasiswa yang prodinya HKI itu ada MK Ilmu Falakh" tutur DR. H. M. Fakih, M.Pd.I.


Penulis : Habibur Rohman

Editor : Shohibul Burhan

Posting Komentar

0 Komentar