Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Wasathi Siap Menyampaikan Visi Misi Vaksinasi Covid-19 dan Siap Memerangi Hoax

 


BOGOR - Menurut Kiyai Arif Fachrudin, kehadiran Wadah Silaturrahim Khatib Indonesia (WASATHI) adalah mendorong dan menjadi terdepan dalam menyebarkan Islam Wasathiyah

“Wasathi ini hadir untuk mendorong dan menjadi terdepan dalam menyebarkan Islam Wasathiyah, menjadi ilham, menjadi isyarah, kemudian mengawal narasi moderat yang tidak terjebak pada ifrath dan tafrith serta memberikan solusi untuk kemaslahatan umat,” terang Ketua Pembina Wasathi yang juga Wasekjend MUI Pusat ini  dalam kegiatan Workshop Khatib Moderat 2021 yang diselenggarakan oleh Wadah Silaturrahim Khatib Indonesia (WASATHI) dengan mengangkat tema, “Upaya Meningkatkan Moderasi Khutbah Jum’at”, bertempat di Masjid Harakatul Jannah, Megamendung Bogor, Rabu 09/06/2021.

Disamping itu, ia juga menyampaikan bahwa para khatib jangan sampai terjebak dalam kesalahpahaman mengenai persepsi bahwa hubungan kedekatan antara Ulama’ dan Umara itu salah. Ulama dekat dengan Umara itu memberikan solusi-solusi terkait pemasalahan mengenai kepentingan-kepentingan umat.

“Hubungan atau kedekatan Ulama’ dan Umara itu tidak salah, kedekatan anatara Ulama dan Umara itu adalah untuk memberi masukan dan solusi terbaik untuk kepentingan umat, membangun sinergitas dalam keamajuan bersama, mampu merekatkan umat menuju masyarakat yang sejahtera dan rukun,” terang Kiyai Arif.

Ia berharap bahwa para Khutoba (Khatib-khatib Jum’at) untuk benar-benar menjaga umatnya, menyampaikan dakwah atau isi materi khutbah mefilter berita-berita agar jangan sampai menyebarkan hoax atau kabar yang tidak benar.

”Saya pesan untuk para khutoba untuk benar-benar menjaga umatnya, sungguh-sungguh untuk mefilter berita-berita agar jangan sampai menyebarkan hoax atau kabar yang tidak benar.

Wasathi juga siap menyampaikan visi dan misi vaksinasi Covid-19, karena hal itu bertujuan untuk melindungi keselamatan rakyat dan negara dari dampak kesehatan dan perekonomian negara Indonesia.

Wasathi berpesan tegas kepada pihak-pihak penebar hoax perihal pembatalan keberangkatan jamaah Haji Indonesia agar menghentikan hoax dan fitnahnya terhadap pemerintah dan umat.

Lebih lanjut Kiyai Arif Fahrudin menegaskan bahwa kebijakan pembatalan keberangkatan jamaah haji Indonesia tahun 2021 ini adalah karena pemerintah kerajaan Arab Saudi hingga hari ini belum mengundang satu negara pun untuk berangkat haji. Hal ini karena alasan pandemi Covid-19, sehingga semua pihak wajib mendahulukan aspek keselamatan calon jamaah haji. Hal ini disampaikan langsung oleh Duta Besar Kerajaan Arab Saudi yang baru saja bersilaturahmi ke kantor MUI di Jakarta, yaitu Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafy.

Adapun narasumber kegiatan Worshop ini adalah K.H. Arif Fachrudin M.A, Ketua Pembina Wasathi sekaligus Wasekjend MUI Pusat, H. Tommy Kurniawan (Anggota DPR RI Dapil Bogor), Dr. KH. Agus Mulyana, KH. Abu Taqi Al Maksudi, Pengasuh Ponpes Al-Idrisiyah Mega Mendung Bogor, dan Imam Gunawan, Tim Pakar WASTHI Bidang Wirausaha, adapun peserta kegiatan Workshop ini adalah para Khatib-khatib dan calon-calon Khatib di wilayah Bogor, Pengurus MUI Kabupaten Bogor serta para Guru-guru Ngaji di Wilayah Bogor.

Kontributor : Asroni Al-Paroya

Editor : Asnal Masyawi

Posting Komentar

0 Komentar