Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Masih Dilema Dalam Menentukan Judul Skripsi, Ini Tipsnya


Kepada mahasiswa, khususnya mahasiswa semester akhir pasti sedang menjalani yang namanya skripsi. Kebanyakan mengalami masalah ketika mengerjakan skripsi.

Setelah menjalani kuliah, magang, dan juga KKN (kuliah kerja nyata) selama 3.5 tahun, mengerjakan skripsi adalah saat seorang mahasiswa bekerja secara mandiri. Sudah tidak ada lagi kelas, tidak ada lagi ketentuan absen. Mengerjakan atau tidak, sepenuhnya di tangan mahasiswa. Mau lulus semester ini atau semester depan, akan ditentukan dengan seberapa tekun mahasiswa mengerjakan skripsinya. Wow. Betapa besar tanggung jawab seorang mahasiswa skripsi! Untuk membantu sang mahasiswa skripsi dalam mengerjakan skripsi tepat waktu.

Dalam situasi normal, tugas akhir skripsi tak jarang jadi momok bagi setiap mahasiswa. Proses pengerjaan skripsi yang menyita waktu, tenaga, biaya, dan pikiran membuat mahasiswa serasa ingin segera menyelesaikannya.

Penyusunan skripsi merupakan fase terakhir dalam mengemban dunia perkuliahan bagi mahasiswa. Skripsi disusun sebagai syarat kelulusan bagi seorang mahasiswa dan mendapatkan gelar dari jurusan yang ditekuni selama 4 tahun jika mengambil Sarjana (S1).

Meskipun mencari dan menentukan judul skripsi terlihat mudah, namun pada kenyataannya banyak mahasiswa yang mengeluh hanya saja kesulitan dalam menentukan dan memilih judul skripsi yang akan digunakan.

Biar kamu nggak bingung-bingung lagi nih saat mencari topik skripsi, coba ikuti langkah berikut ini deh biyar inspirasimu topcare.

1. Paling pertama, kenali minat dan ketertarikanmu

Langkah pertama ini sangatlah penting. Kamu nggak akan bisa mengerjakan skripsi kalau nggak tau apa yang kamu sukai atau minati!.

Minat dan ketertarikan menjadi faktor besar dalam proses pengerjaan skripsi. selain itu, kalau kamu menulis skripsi yang sesuai dengan ketertarikanmu selama ini maka proses penyelesaian skripsi makin mudah lo. Soalnya kamu mengerjakan apa yang kamu sukai. Jadi mulai sekarang, coba pikirkan topik kuliah apa yang paling kamu sukai Tanyakan pada dirimu berkali-kali.

Selain mempertimbangkan minat dan ketertarikan, kamu juga harus memikirkan sisi menarik dari topik yang kamu pilih. Jadi bukan asal tertarik saja, ya. Kamu pun perlu mempertimbangkan urgensi dan sisi menarik dari topik tersebut.

Sehingga ketika kamu berdiskusi dengan dosen pembimbing, kamu bisa menyakinkannya kalau topik tersebut memang layak untuk diteliti. Hal ini juga memudahkanmu nanti saat ujian seminar proposal maupun ujian komprehensif. Kamu nggak perlu bingung lagi ketika alasan memilih topik tersebut dehh..!!

2. Selalu mencari informasi terbaru

Langkah selanjutnya agar mudah mencari topik skripsi adalah selalu update informasi terbaru. Ini menjadi salah satu kunci untuk membuat judul yang menarik.

Dari isu dan fenomena terbaru, kamu bisa menemukan topik-topik yang menarik untuk diteliti. Tapi hati-hati terjebak banyak nya informasi, ya.

Semacam dilema nih, banyak informasi juga membuat kebingungan karena kamu akan semakin ragu dan bimbang memilih topik yang mana. Terpenting, dari banyak informasi yang baru, kamu perlu mengerucutkan semua informasi menjadi beberapa isu.

3. Baca semakin banyak literatur

Untuk menambah wawasan, kamu juga perlu membaca literatur baik media online maupun Buku Pendidikan.

Mengerjakan skripsi tidak bisa dilepaskan dengan kegiatan membaca sebab membaca adalah kunci utama. Seperti yang diamini bersama selama ini, kemampuan menulis selalu beriringan dengan kemampuan membaca.

Dari membaca, kamu bisa mendapatkan ide untuk menentukan topik skripsi. Dengan membaca, pikiranmu akan lebih terbuka dan cara pandangmu pun akan bisa bertambah banyak serta baru.

4. Lakukan pengamatan

Bagaimana bila kamu belum juga mendapatkan ide untuk topik skripsimu? Padahal kamu sudah membaca banyak buku dan mencari informasi terbaru secara rutin. Sepertinya kamu perlu melakukan pengamatan nih.

Coba deh, kamu berjalan-jalan di sekitar tempat tinggal. Keluarlah ke tempat umum atau publik yang ramai dikunjungi orang. Lihatlah apa yang terjadi di sekitarmu.

5. Ikuti diskusi atau seminar

Seminar atau diskusi biasanya banyak diselenggarakan di kampus. Nah, kamu bisa mengikuti acar tersebut untuk menambah pengetahuan. Siapa tahu dari seminar atau diskusi yang kamu ikuti, ada topik menarik yang bisa diangkat menjadi topik skripsi.

Tak ada salahnya untuk mengikuti setiap seminar terutama yang yang berhubungan dengan minat dan ketertarikanmu.

6. Ajak teman atau kakak tingkat untuk diskusi judul skripsi

Cara berikutnya untuk mencari judul skripsi adalah berdiskusi dengan teman atau kakak tingkat. Diskusi ini akan membuka peluang bagi kamu untuk mendapatkan ide.

Dari bertukar pikiran dengan orang lain, kamu bisa melihat hal-hal menarik yang bisa diangkat dari suatu topik tertentu. Usahakan kamu mengajak teman atau kakak tingkat yang telah mengerjakan skripsi dulu.

7. Konsultasikan dengan dosen pembimbing Skripsi

Ketika kesulitan mencari judul skripsi, jangan sungkan menghubungi dosen pembimbing dan ceritakan kesulitanmu tersebut. Fungsi dosen pembimbing salah satunya adalah membantumu menemukan topik dan judul skripsi.

Jadi dosen memberikan arahan-arahan agar kamu bisa keluar dari kebingungan selama ini mengenai keinginan mencari tahu cara cepat selesai skripsi. Sulit menemukan topik skripsi itu wajar terjadi dan masalah yang lumrah dialami mahasiswa.

Jadi, itulah beberapa tips menentukan judul skripsi yang simpel dan menarik sesuai minat dan ketertarikanmu. Berhati-hatilah dalam menentukan dan memilih judul skripsi yang akan kamu selesaikan. Jangan sampai judul yang kamu pilih sendiri, justru menyulitkanmu selama proses pengerjaan.

Penulis: Habibur Rohman

Editor: Abdul Azis

Posting Komentar

0 Komentar