Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Industri dan Manifestasnya



 Industri dan Manifestasnya

Produksi dalam sebuah manajemen merupakan komponen dasar. Produksi adalah kegiatan yang mengadakan suatu barang jadi dati barang mentah. Produksi akan melibatkan beberapa faktor diantaranya ada SDM, SDA dan juga tekonologi atau mesin. 

Produksi yang efektif dan efesien adalah produksi yang tak banyak memakan komponen tiga faktor tersebut. Produksi akan menjadikan suatu barang yang kurang bernilai menjadi sangat bernilai. Produkai memang salah satu hal yang harus ada dalam poros industri. Industri dalam hal ini dikatakan industri yang dapat menghasilkan suatu barang entah dalam aspek kebutuhan atau keinginan.

 Industri sebenabrnya banyak macam ragamnya diantaranya ada industri retail dan industri jasa atau non retail. Pelaku ekonomi pasti tak akan asing dengan instilah konsumsi dan juga produksi. Dimana kedua hal tersebut sama-sama memiliki istilah ekonomi dengan arti yang saling berkaitan. 

Dimana produksi lebih disederhanakan dengan istilah menciptakan, sedangkan konsumsi lebih diartikan dengan menghabiskan. Industri akan menciptakan sebuah manifestasi entah dalam prospek suatu kebutuhan utama, alternatif ataupun pendamping. Industri juga akan menjadikan fokus suatu operasional produksi dalam hal retail atau non refail. 

Dimana industri akan memetakan sebuah keterkaitan antara produksi dan manifestasi. Banyak yang mengira bahwa produksi hampir sama dengan industri. Namun sejatinya produksi adalam pola yang bekerja didalamnya, aktifitas yang terjadi dan sebuah objek operasional yang memang harus ada. Sedangkan industri adalah sebuah pemetaan daripada bagian yang memang diambil untuk produksi. Sebagai contoh industri pakaian, adalah wujud dari sebuah produksi yang fokus hanya pada bidang pakaian. 


Penulis : Akbaruddin

Editor : Agung Sulaiman

Posting Komentar

0 Komentar