Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mahasiswa STAI AL-KAMAL Mengukuti kegiatan Rukyatul Hilal bersama Kemenag Rembang



WWW.JURNALISKA.COM

Rembang, Menyambut pada awal dan akhir bulan suci Ramadhan 1443 H, Mahasiswa syariah STAI Al KAMAL, UIN Walisongo, dan MA Nahjatus Sholihin mengikuti kegiatan rukyatul hilal yang diadakan oleh BHR Kemenag Rembang .

Lokasi pemantauan hilal berada di Pantai Pasir Putih Wates, Désa Tasikharjo, Kabupatèn Rembang, minggu(1/5).

Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat.

 "Yang kita lakukan ini (rukyatul hilal) bukan untuk Mahasiswa syariah saja, tapi sebagai bentuk kontribusi nyata kita kepada masyarakat"

Acara pemantauan hilal dihadiri BHR Kemenag Rembang, MA Nahjatus Sholihin, perwakilan pesantren dan perguruan tinggi islam kabupaten Rembang dan UIN Walisongo.

 Pantai Pasir Putih Wates Rembang dijadikan tempat paling strategis untuk pemantauan hilal. "selama dilakukan pemantauan hilal di Pantai Pasir Putih Wates Rembang, hilal belum terlihat.

Pada zaman dahulu ketika hendak melihat hilal,masih menggunakan gawang lokasi, yang terdiri dari dua tiang untuk mengkonsentrasikan titik fokus hilal. 

Gawang lokasi sendiri berguna memfokuskan pengamat pada arah hilal yang sudah dihitung. Pada zaman kontemporer ini menggunakan alat digital modern yang serba elektronik, namun semua itu tidak bisa terlepas dari 2 metode dalam menentukan hilal.Yaitu metode rukyat dan hisab yang saling bersinergi yang berperan penting dalam menentukan hilal.

Komunitas fakultas Syariah beserta Tim dari BHR Kemenag Rembang melakukan persiapan dari pukul 15.00 WIB. Peralatan untuk memantau hilal yang masih menggunakan alat yang sederhana. 



Selanjutnya, pemantauan dilakukan mulai pukul 17.23 WIB dan hasilnya hilal tidak terlihat di Pantai Pasir Putih Wates Rembang, karena posisi hilal di bawah ufuk.

"Sampai dengan posisi 1 derajat hilal belum terlihat karena tertutup awan tebal, apapun hasilnya akan kami sampaikan ke pusat.

Bapak Abdul Rokhim juga berpesan agar kedepannya mahasiswa STAIKA lebih mendalami ilmu hisab dan rukyat. "Harapan saya, semoga STAIKA bisa bertransformasi mengganti alat dengan versi terbaru, ujarnya


Dari pantauan, penentuan rukyah hilal Ramadhan 1443 H di Pantai Pasir Putih Wates Rembang berjalan lancar dan dihadiri sebagian masyarakat yang antusias menantikan hasil hilal.


Penulis : Ilma Kamalia

Editor : Agung S


Posting Komentar

0 Komentar