Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PERAN MAHASISWA DALAM DUNIA KAMPUS


 “PERAN MAHASISWA DALAM DUNIA KAMPUS”

            Mahasiswa  menjadi topik terbaik untuk dibicarakan, banyak orang awam dan masyarakat menilai bahwa mahasiswa sekarang memiliki tingkah laku yang kurang baik , bersikap semaunya, mahasiswa datang kekampus dan pulang semaunya. Mahasiswa memang dianggap dapat mencerminkan sikap seseorang, banyak orang yang tidak tau bagaimana kehidupan mahasiswa yang sebenarnya baik dikampus maupun diluar kampus. 

            Kehidupan Mahasiswa memang sangat sulit ditebak dimana mahasiswa cenderung mengekspresikan kehidupannya dikampus dibandingkan di masyarakat luas, mungkin ada sebagian besar mahasiswa yang terjun langsung ke masyarakat karna tuntutan mata kuliah yang harus di capai.Salah satu contoh kehidupan kampus adalah menjadi aktivis dalam berbagai organisasi yang berjalan di kampus. 

               Bagi seorang aktivis, kampus adalah hidupnya dimana mereka sering melakukan berbagai kegiatan, berorganisasi dan membentuk suatu forum kerja sama yang baik antar sesama mahasiswa. Menurut saya kehidupan kampus itu sangat unik, saya sebagai mahasiswa merasa kampus memang kehidupan yang benar- benar nyata, kita dapat saling mengenal satu sama lain, memiliki banyak teman bahkan kenalan baru, dapat menghargai bagaimana yang dikatakan bekerja sama dan dapat berbagi ilmu yang bermanfaat. Salah satu peran yang paling utama yang dapat dilakukan oleh seorang mahasiswa yaitu menaati segala peraturan yang berjalan dikampus, mengamalkan ilmu yang telah kita peroleh dari ibu dan bapak dosen sehingga dapat menerapkannya dalam masyarakat diluar lingkungan kampus dan menaati segala kebijakan- kebijakan yang diterapkan kampus dengan begitu kamu sudah setengah berperan sebagai mahasiswa.

             Mahasiswa merupakan suatu komunitas yang berada di masyarakat, dengan sedikit potensi dan kesempatan yang dimilikinya. Mahasiswa memiliki definisi yaitu sesuatu yang dimiliki oleh seseorang yang sedang belajar diperguruan tinggi baik itu di universitas, institut ataupun akademi yang diharapkan nantinya dapat berguna bagi bangsadannegaranya.Menurut Knopfemacher , Mahasiswa adalah seorang calon sarjana yang terlibat dalam perguruan tinggi yang di didik dan diharapkan dapat menjadi calon-calon yang intelektual.  Dari definisi mahasiswa yang dipaparkan oleh seorang ahli diatas, kita dapat mengetahui bagaimana yang disebut sebagai mahasiswa. Peran Mahasiswa dikampus tidak hanya mempelajari masalah teori saja tetapi juga teori yang dapat di praktekkan dalam kehidupan nyata. Kampus merupakan tempat mahasiswa untuk membenahi diri , mengetahui bakat apa yang ada pada dirinya, dan minat apa yang akan dikembangkan kedepannya, tetapi jika semua itu hanya didasarkan pada teori saja maka sulit bagi seseorang menemukan bakat dan minat itu pada dirinya.

              Peran memiliki arti fungsi atau perilaku seseorang, yang memiliki status atau kedudukan tertentu. Peran mahasiswa dikampus dapat dilihat dari seberapa aktif dan tidaknya mahasiswa tersebut dikampus, dalam dunia kampus mahasiswa diharuskan dapat memajukan kampus baik itu melalui organisasi – organisasi yang berjalan dikampus maupun mengikuti perlombaan yang berjalan dikampus. Generasi yang inovatif dan kreatif sangat diperlukan, dimana mahasiswa harus memiliki sifat yang tangguh, menjaga nilai-nilai masyarakat, jujur, adil begitupun dalam kehidupan bermasyarakat, mahasiswa dituntut berfikir secara ilmiah dan nantinya dapat menerapkan segala ilmu yang telah diperoleh dalam perkuliahan.Didunia kampus banyak ditemukan beragam gaya hidup mahasiswa dimana ada yang nongkrong dihalaman kampus saat habis jam perkuliahan, ada yang duduk di kantin, melakukan kerja kelompok, membuat tugas, berbincang, bediskusi dan yang sering kita temui yaitu berorganisasi. 

                 Nongkrong merupakan gaya hidup yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa dilingkungan kampus, hal ini disebabkan karna tidak ada lagi kegiatan yang dilakukan diwaktu senggang sehingga mereka merasa bosan dan memilih untuk berkumpul bersama teman – teman. Banyak orang menganggap bahwa kegiatan ini hanya membuang – buang waktu dan tidak bermanfaat, tetapi bagi mereka yang sering nongkrong malah menganggap bahwa disaat inilah mereka bisa membagi waktu bersama teman, beristirahat, bahkan adapula yang berdiskusi dan membagi pegetahuan walaupun tidak berhubungan dengan perkuliahan. 

               Bagi mahasiswa yang duduk dikantin tidak jauh beda dari kata nongkrong, bedanya ada yang makan, ada yang wi-fian sambil ngerjain tugas kampus dan ada juga ngobrol sambil menunggu jam kuliah dimulai kembali. Sedangkan bagi mahasiswa yang aktif dalam organisasi mereka cenderung sibuk dengan organisasi yang dijalaninya, mereka umumnya juga melakukan diskusi, kerja sama setelah jam perkuliahan, bedanya mereka mempunyai ruangan sendiri dalam berdiskusi.Peran organisasi sangat utama dalam suatu kampus, dimana dengan adanya organisasi yang berjalan dikampus maka mahasiswa dapat berperan lebih aktif di kampus dalam mengutarakan pendapat dan mengarahkan mahasiswa lain untuk lebih aktif, dapat menyalurkan minat dan hobi juga memperluas pengetahuan. Oleh karena itu, mahasiswa harus dapat memberikan bukti kepada masyarakat bagaimana perannya dikampus bahkan dimasyarakat. Sehingga masyarakat tidak berfikir bahwa mahasiswa hanya pergi dan pulang sesukanya dan tidak mentaati peraturan yang berlaku di lingkungan kampus.

Simpulan

                 Mahasiswa memiliki peranan penting dalam dunia kampus, peran mahasiswa tidak hanya sebagai pelajar tetapi juga aktif dalam berbagai kegiatan kampus dan organisasi yang berjalan dikampus. Mahasiswa yang inovatif dan kreatif sangat diperlukan dalam kemajuan suatu kampus dimana mahasiswa harus mampu menerapkan segala yang diperoleh dibangku perkuliahan dan dapat terjun langsung kedalam masyarakat.

Penulis : Ilma Kamalia


Posting Komentar

0 Komentar