Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kkn kelompok 2 menggandeng dinas pertanian kab Rembang guna untuk Meningkatkan komoditas hasil pertanian masyarakat Desa Terjan





Desa Terjan -  Bekerja sama dengan Ketua Alumni Magang Pertanian di Jepang dan Ketua KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) Kab. Rembang Bapak Iskandar, S.P. telah dilaksanakan Seminar Pertanian  yang diadakan oleh mahasiswa Kkn Kelompok 2 bertempat di Pendopo Desa Terjan, Kabupaten Rembang, Jum'at(18/08/2023).


Seminar pertanian ini sendiri merupakan Program dari mahasiswa Kkn kelompok 2 Desa Terjan, dalam rangka menyukseskan program mahasiswa Kkn khususnya dalam pemberdayaan masyarakat, literasil  pertanian, dan peningkatan produktivitas hasil tani.

Bapak Iskandar, S.P., dalam kegiatan ini masyarakat Desa Terjan pada umumnya bertani padi dan melon

Hal tersebut mengingat tanaman padi memerlukan banyak air walaupun bukan tanaman air. Pada saat tanaman padi telah digosrok gulmanya (umur 2-3 minggu setelah tanam pindah) maka pengaturan air basah kering akan memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tanaman padi, selain menghemat penggunaan air

Adapun Tanaman melon sangat membutuhkan air, tetapi tidak menyukai media yang terlalu basah atau becek. Siram tanaman seperlunya dan kondisikan media tanam selalu dalam keadaan lembab tetapi jangan sampai kelebihan air


"Perawatan dan Pemeliharaan Padi, lakukan penyiangan dalam dua minggu sekali. Selanjutnya, lakukan pengairan yang wajar supaya tidak kelebihan atau kekurangan. Selain itu, lakukan pemupukan setelah 7-15 hari dengan munggunakan pupuk urea dan TSP dengan 100:50 per hektar.

Penanaman melon perlu banyak sekali persiapan ketika proses budi daya tanaman tersebut seperti

-Persiapan lahan - pemberian pupuk dasar - pemasangan plastik mulsa -persiapan bibit -persiapan ajir - proses penanaman bibit -pemupukan Tanaman melon- Pengairan dan jangan terlalu banyak menggunakan pupuk kimia," katanya.



Pertanian merupakan bidang yang cukup berat dan membutuhkan pengalaman terlebih dahulu agar bisa memperoleh hasil panen yang maksimal. Ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan panen dari pertanian . Mulai dari pemilihan bibit komoditas, cuaca yang sering berubah ubah, serangan penyakit dan hama, tanah yang semakin tercemar kualitasnya, dan lain sebagainya.


Ia berharap  penanaman padi dan melon  yang sedang dilakukan di Desa Terjan ini, bisa dikembangkan dan direplikasi di Kabupaten Rembang.


"Karena sekali lagi untuk para petani pertanian merupakan nilai ekonomi yang sangat tinggi, seperti apa yang saya sudah jelaskan tentang penanaman yang baik dan benar agar petani kita bisa mendapatkan hasil panen yang banyak, berkualitas, dan tentu dengan harga yang sangat baik, sehingga menghasilkan kesejahteraan daripada para petani kita,".

 Penulis: Toyib Burhannuddin

Posting Komentar

0 Komentar