Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Sejarah PMII Rayon Pangeran Wiranegara dan Rayon Nyi Ageng Maloka







Sejarah terbentuknya kedua rayon di Komisariat Al-Kamal Sarang sendiri tidak terlepas dari keresahan para anggota dan kader Komisariat Al-Kamal Sarang yang sudah tumbuh semakin banyak, kemudian terabaikannya serta tidak terurusnya anggota dan kader secara maksimal. Mereka merasa dilema karena tidak adanya kejelasan informasi bila ada sebuah kegiatan yang diadakan di komisariat mereka sendiri. Hal ini terjadi dikarenakan sudah terlalu banyaknya kader yang harus ditampung dalam satu komisariat.

Pada saat itu bertepatan tahun 2020 yaitu pasca covid-19 yang sedang gemparnya, dilema yang dirasakan para kader baru pun mulai diutarakan mereka di komisariat terkait tentang kejelasan dari wadah komisariat sendiri mau diarahkan kemana. Hal ini pun segera didengar dan ditangani oleh beberapa senior pada saat itu, yang segera merancang dan merumuskan solusi yang tepat dengan keadaan tersebut.

Mulai tanggal 19 Oktober 2020 yang bertepatan ditanggal 20 Oktober 2020 adalah pelantikan cabang. Malamnya para penggagas rayon yaitu Sahabat Ahmad Sujoko dan Ahmad Syihab dari Syariah serta Asnal Masyawi, Abdurrohman Nasa’i dan Muhammad Shohibul Burhan Qidmaya dari Tarbiyah menindaklanjuti penggagasan pendirian rayon.

Proses pendirian rayon sendiri tidaklah semulus itu, karena terdapat beberapa senior yang tidak sepakat jika didirikannya rayon di Komisariat Al-Kamal. Tetapi akhirnya hal tersebut pun bisa segera ditangani dan pendirian rayon pun bisa dilanjutkan. Ada dua nama yang terangkat untuk menjadi ketua pertama yaitu, Sahabat Ahmad Syihab sebagai ketua Rayon Syariah dan Sahabati Ana Nafi'ah sebagai ketua Rayon Tarbiyah.

Deklarasi pendirian Rayon Syariah dan Rayon Tarbiyah Komisariat Al-Kamal, akhirnya terlaksana pada Sabtu, 24 Oktober 2020 tepat pukul 10.00 WIB di Ruang B2 Kampus STAI Al-Kamal Sarang. Kedua rayon yang masih menggunakan nama fakultasnya itu secara resmi berdiri dengan status sebagai rayon persiapan dengan secara simbolik dilaksanakan penandatanganan bersama oleh seluruh peserta deklarasi. Dalam deklarasi tersebut dihadiri oleh Ketua PC PMII Rembang Sahabat Minanurrochman, Ketua Mabinkom Sahabat Jumali, Wakil Ketua 1 Sahabat Fachrudin, Wakil Ketua II Sahabat Sujoko, Ketua Komisariat Al-Kamal Sahabat M. Irfan Navis Fuady beserta pengurusnya, dan seluruh anggota PMII Komisariat Al-Kamal.

Kedua rayon pun segera menindaklanjuti lagi untuk mempersiapkan menjadi rayon definitif. Pertama adalah pembahasan tentang nama rayon yang akhirnya menggunakan nama Rayon Pangeran Wiranegara untuk Rayon Syariah dan Rayon Nyi Ageng Maloka untuk Rayon Tarbiyah. Kemudian untuk logo kedua rayon pun terbentuk dan didesain oleh masing-masing sekretaris dikepengurusan pertama mereka. Sampai saat ini kedua rayon sudah menjadi rayon definitif dan berkembang dengan baik, dan tepat hari ini kedua rayon merayakan harlah ketiganya.
Penulis: Putri Yulita Sari

Posting Komentar

0 Komentar