Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Jurnaliska Gelar Pelatihan Menulis Karya Ilmiah

Jurnaliska.com, sarang. Sabtu (5/12) kemarin, UKM Jurnalistik Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kamal Sarang, Rembang atau yang di singkat JURNALISKA  mengadakan pelatihan menulis karya ilmiah.

Pelatihan ini di ikuti dari mahasiswa STAI Al-kamal sendiri dan juga dari sahabat -sahabat jurnalistik dari luar STAI Al-Kamal.

Acara yang dimulai jam 09.30 WIB itu membahas materi dasar penulisan karya ilmiah dan acuan membuat berita yang baik dan benar. Bapak Muhammad Rouf M.Pd.I pemateri pelatihan ini sekaligus menjadi pembina UKM Jurnaliska menjelaskan dalam materinya bahwasanya membuat karya ilmiah yang baik yakni yang berbobot dalam artian singkat, padat, berisi, efektif, dan analisis yang baik.

Beliau juga menjelaskan  bagaimana menjadi seorang Jurnalis yang konsisten dalam kinerja sebuah team "Selain membudayakan kultur membaca buku, membangun jejaring, saling komunikasi, kita juga harus punya kajian muatan berita ataupun artikel, khususnya konsistensi, kalau tidak konsisten, males menulis, ya bisa mati kinerjanya. intinya ya semangat dari diri kita"

Jelas pak Rouf dalam sesi tanya jawab saat menjelaskan ke sahabat-sahabat jurnalistik.

Penjelasan tersebut di tanggapi serius oleh sahabat jurnalistik. Hal tersebut terlihat dari beberapa pertanyaan yang di lontarkan.

Pelatihan yang di gelar di gedung barat ruang A1 itu juga di hadiri oleh anggota  PENA jurnalsitik STIE YPPI " Kegiatan bagus, juga buat pembelajaran buat kami untuk di terapkan di kampus STIE khususnya di pena sendiri " ungkap sanifatun mahasiswa jurusan menejemen itu.

Ketua pelaksana, Agung Sholaeman juga mengatakan bahwasanya di adakannya pelatihan yang termasuk dalam program kerja jurnaliska ini juga menjadi mementum yang sangat bagus bagi mahasiswa semester awal. Dikarenakan ini adalah pengetahuan dasar membuat karya ilmiah khususnya makalah.

Di akhir pelatihan, para peserta di ajak membuat kegiatan penulisan artikel yang sudah di sepakati oleh panitia pelatihan, demi mengasah kemampuan dan melatih membiasakan diri menulis dan membaca.

Penulis : M.S. Burhan Qidmaya

Editor : Asnal Masyawi

Posting Komentar

0 Komentar