Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

5 Tipe Mahasiswa STAI Al-Kamal, Kamu Tipe Apa?

Latar belakang mahasiswa yang berbeda-beda, menjadikan aktivitas mahasiswa di kampus juga berbeda. Ada yang ikut organisasi, ada juga yang langsung pulang setelah kuliah, ada yang mondok, ada yang kuliah kerja. Setiap mahasiswa pasti mempunyai prinsip masing-masing. Dilihat dari kegiatan yang dilakukan di dalam kampus, dari saya  menemukan ada lima tipe mahasiswa di STAI Al-Kamal. 

Memang Masing-masing orang punya alasannya sendiri untuk menjadi mahasiswa manapun yang dia mau Ada beragam tipe mahasiswa yang mungkin sudah Anda temui selama berkuliah di Kampus kita tercinta.

Tidak sedikit mahasiswa yang masuk dalam tipe kupu-kupu. Namun ada baiknya Anda mengembangkan diri selama masih berkuliah.

Dari 5 tipe tersebut nantinya memiliki karakteristik yang bisa Anda olah menjadi suatu hal yang istimewa.

Barang tentu dari beberapa tipe mahasiswa yang saya akan bagikan nantinya punya kelebihan tersendiri dan punya kesibukan masing-masing yang tidak bisa di kerdilkan lebih-lebih justis jelek satu sama lain. Inilah tipe analisa saya dari mahasiswa Al-Kamal:

1. Tipe Mahasiswa Kuliah-Kerja

Tipe mahasiswa yang pertama yang perlu dicontoh adalah kuliah-kerja. Tidak sedikit mahasiswa yang "nyambi" bekerja paruh waktu untuk menambah uang. 

Ada banyak lowongan freelance yang bisa dicoba mahasiswa. Contoh saja Yang kebanyakan Mahasiswa Al-Kamal lakukan yaitu jadi: Jadi Guru di sebuah yayasan dan TU nya juga, nge-Grab, jualan produk cosmetik, sales promotion, jaga toko, jaga foto copy, youtubers, punya bisnis, perangkat desa dan masih banyak profesi yang di geluti oleh mahasiswa. 

Dengan mencoba tipe ini, Anda bisa belajar manajemen waktu. Secara tidak langsung, Anda juga belajar bagaimana kehidupan di dunia kerja dan biyasanya sukses sebelum lulus kuliah.

2. Tipe Mahasiswa Kuliah Berprestasi

Kebanyakan mahasiswa pasti ingin berprestasi. Namun demikian, untuk menjadi tipe mahasiswa ini Anda butuh kerja keras. 

Prestasi yang diraih tidak hanya dalam bidang akademik, non-akademik pun juga bisa. Tipe mahasiswa ini biasanya memiliki jiwa kompetitif yang tinggi, tidak pantang menyerah, dan mandiri. 

3. Tipe Mahasiswa Kuliah Perpustakaan

Mahasiswa semacam ini mungkin jarang di temui bahkan langka sekali yang menyukai namanya perpus. Tetapi sedikit masih ada yang mau ke perpus karena tahu bahwasanya jendela dunia yaitu buku dan di baca, di kampus sendiri banyak koleksi buku berkualitas.

Manfaatkan fasilitas ini untuk menunjang pembelajaran Anda. Tingkatkan keterampilan diri dengan membaca buku dari perpustakaan.

Selain buku, perpustakaan juga merupakan tempat yang ideal untuk mengerjakan tugas atau belajar. Suasana yang tenang bisa membuat Anda lebih berkonsentrasi. 

4. Tipe Mahasiswa Kuliah Rapat

Mahasiswa yang aktif berorganisasi secara tidak langsung masuk dalam tipe ini. Mahasiswa yang masuk tipe ini biasa disebut mahasiswa kura-kura atau kuliah-rapat. Saya pun juga merasakan dan sebagai pelaku karenanya waktu paling strategis untuk rapat yaitu selepas kuliah.

Jika Anda ikut organisasi atau kegiatan kampus, relasi Anda akan bertambah. Relasi ini bisa menjadi penolong saat Anda mencari kerja kelak. 

5. Tipe Mahasiswa Kuliah Pondok

Banyak mahasiswa STAI Al-Kamal yang tinggal di pondok pesantren. Terkadang mahasiswa mondok ini membawa tradisi di pondok pesantren ketika sedang kuliah di kampus. Biasanya dia mengenakan pakaian agamis seperti baju koko, peci, gamis, sarung dan lainnya. Selain itu, mahasiswa tipe ini juga tidak bisa berlama-lama di kampus. Sebelum azan maghrib, dia harus pulang dan mempersiapkan diri untuk ngaji di pondok pesantren.

Jadi, itulah lima tipe mahasiswa STAI Al-Kamal. Tentunya kita sering menjumpai mahasiswa tersebut saat di kampus. Dari kelima tipe itu, kalian termasuk yang mana nih sahabat?

Kontributor : Habibur Rohman

Penulis : Asnal Masyawi

Posting Komentar

0 Komentar