Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

JURNAL SEMA, Senat Mahasiswa STAI Al-Kamal Membuka Lebar Aspirasi Mahasiswa

Pada dasarnya, menyampaikan aspirasi adalah hak setiap mahasiswa dalam pilar demokrasi. Menyampaikan aspirasi yang dimaksudkan adalah bebas dalam mengeluarkan pendapat, persetujuan atau bahkan penolakan pada sebuah keputusan atau kebijakan. Namun kenyataannya menyampaikan aspirasi kerap menjadi hal yang dilematis bagi mahasiswa. Di era konvergensi media saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa seiring bergesernya arus globalisasi perkembangan teknologi saat ini kian hari kian pesat, hampir semua bidang teknologi menggunakan internet. Hal tersebut juga dialami pengguna informasi dalam memanfaatkan teknologi internet salah satunya adalah informasi evaluasi perkuliahan.

Banyak mahasiswa yang mengomentari mengenai sitem perkuliahan, dan setiap semester pasti ada sistem perkuliahan yang kurang atau perlu ditingkatkan lagi untuk kenyamanan dan kelancaran perkuliahan. Untuk meningkatkan mutu perkuliahan maka diperlukan sebuah aplikasi atau system informasi dimana mahasiswa dapat memberikan aspirasinya untuk meningkatkan mutu perkuliahan yang sudah ada. Sekarang ini banyak mahasiswa yang ingin memberikan aspirasinya mengenai fasilitas perkuliahan yang ada, mulai dari dosen, sarana prasarana, nilai mahasiswa dan lain sebagainya. Akan tetapi sampai saat ini belum ada fasilitas yang menampung aspirasi mahasiswa untuk menyampaikan atau paling tidak mengevaluasi sistem perkuliahan yang sudah ada saat ini.

Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kamal Sarang merupakan salah satu kampus menengah kebawah, sehingga wajar saja jika STAIKA mendapatkan banyak aspirasi atau keluhan tentang fasilitas perkuliahan. Meskipun demikian, aspirasi tersebut memiliki keterbatasan, yaitu:

1. Waktunya terbatas, sehingga kemungkinan besar banyak mahasiswa yang ingin menyampaikan tidak diberi kesempatan untuk menyampaiakan.

2. Sebagian mahasiswa yang merasa kurang nyaman jika berbicara di depan forum sehingga rasa penasaran mereka tidak tersampaikan. Hal ini dapat memicu persoalan baru di kalangan mahasiswa karena mahasiswa tersebut mengambil cara-cara yang kurang bijaksana atau tidak wajar.

3. Sebagian mahasiswa kurang puas terkait nilai yang sudah diberikan. Dan ada beberapa informasi penting yang belum tercatat.

Kritikan, keluhan, masukan atau saran yang disampaikan bisa ditanggapi dengan penjelasan atau ditampung karena membutuhkan banyak langkah untuk menyelesaikan. Jika hal-hal yang disampaikan oleh mahasiswa harus ditampung terlebih dahulu perlu adanya sistem yang sesuai. Sistem ini harus mampu menampung aspirasi dari mahasiswa secara mudah. 

Adapun tujuan dari kegiatan evaluasi dan aspirasi tersebut insya allaah kita agendakan hari selasa, 16 Maret 2021 dari SEMA (Senat Mahasiswa) untuk mengetahui kinerja anggota Senat Mahasiswa selama setengah kepengurusan dan mengumpulkan informasi dari mahasiswa terkait kritikan, keluhan, masukan atau saran untuk memberi solusi terbaik dari setiap permasalahan di intra maupun extra. Dengan adanya kegiatan ini diharapkannya keterbukaan dan sharing antara pengurus Senat Mahasiswa, Dewan Eksekutif Mahasiswa, UKM dan mahasiswa lainnya. 

Penulis : Achmad Sujoko (Ketua SEMA)

Editor : Asnal Masyawi

Posting Komentar

0 Komentar