Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Sudah Layak Kah Kamu Sebagai Pemuda Perubahan

 

Dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara memiliki peluang serta tantangan yang begitu tinggi akhir-akhir ini. Terutama dengan munculnya paham radikalisme yang dapat mengganggu ideologi Pancasila dan Kebhinekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Untuk menghargai perjuangan pemuda zaman lampau, maka milenial hari ini harus melahirkan ide, kreativitas, dan inovasi agar mempertahankan eksistensi dari kemerdekaan itu sendiri. Ide-ide milenial itu tidak perlu dibatasi, jika ide tersebut memberikan kekuatan untuk membangun negeri. Semua pemuda wajib terlibat. Dimulai dari aksi yang secara langsung turun ke lapangan untuk beraspirasi, maupun dari mimpi-mimpi baik sebelum tidur maupun setelah tidur. Terkait kreativitas, hasil karya-karya terdahulu dapat kita lakukan observasi untuk menghasilkan karya-karya baru sehingga mengasah keterampilan milenial. Sementara terkait dengan inovasi, pemuda milenial harus selalu melakukan research atau penemuan-penemuan yang bersifat kekinian, tidak mudah puas atas prestasi yang telah didapat, dan selalu berupaya melakukan aktivitas baik yang menjadi kebiasaan, maupun keluar dari zona nyaman.

Lantas Masa mudamu kau isi dengan apa..?
Menjadi pemuda Merupakan masa depan bagi negara. Mereka adalah para generasi penerus bangsa begitulah istilah yg sering muncul. Seharusnya pemuda perlu mendapatkan motivasi atau hal hal lainya karena mereka harus memiliki jiwa-jiwa Petarung dalam segala bidang tanpa mereka terus siapa lagi yang akan melanjutkan hal-hal Yg ada di lingkungan masyarakat. 

Generasi Muda merupakan ujung tombak sebuah bangsa yang menentukan estafet kepemimpinan selanjutnya yang menentukan arah sebuah bangsa dan menentukan maju tidaknya suatu bangsa. Oleh karena itu betapa pentingnya generasi muda bagi suatu bangsa jika generasi mudanya baik maka sebuah bangsa akan baik namun jika generasi mudanya buruk maka buruklah sebuah bangsa itu. Masa muda adalah masa yang sangat produktif dimana semangat muda yang meggelora kondisi fisik yang kuat sebagai tonggak dari sebuah bangsa. Selain itu masa muda manusia bias melakukan hal-hal yang produktif dengan kreatifitas tinggi. Pada masa muda juga banyak sekali penemuan-peneman baru yang dihasilkan. 

Berbicara tentang pemuda kami telah berbincang-bincang sosok pemuda pengusaha bisa di bilang sukses mengembangkan usaha keluarganya. Namanya Mujibur rohman dia adalah salah satu pemuda desa kenongo dia merupakan contoh pemuda yang sudah mempunyai usaha sendiri. "Menurut pria 23 tahun tersebut dia ingin mencari solusi bagaimana dia bisa mengembangkan salah satu potensi di desa tersebut dengan mengelola dan menjadi penadah hasil-hasil Dari pekerjaan tetangganya dia kemudian menjual hasil tersebut ke beberapa kota di wilayah Jawa Tengah meliputi pati kudus purwodadi dan daerah lainya, Bahkan sampai wilayah Jawa Timur", Ujar pria 23 tahun itu.

Cukup menginspirasi dari salah satu pemuda yang ada di desa kenongo  bagaimana dia membantu para pengrajin sapu untuk menjualkanya agar supaya pengrajin tersebut tidak kesulitan menjualnya sana-sini, dan juga setidaknya bisa membantu perekonomian mayoritas warga.

Apalagi sebentar lagi bangsa ini akan mendapat hadiah besar yaitu generasi muda yang sangat banyak, generasi yang produktif yang sangat banyak. Mulai sekarang seharusnya dipersiapkan dengan matang generasi mudanya dididik dengan benar agar tetap mempertahankan identitas bangsa ini dan berbudi luhur yang mempunyai akhlak dan moral yang baik.

Ucap dari salah Promotor Kartini Tv Nuril Huda Falah dia mengatakan bahwasanya pemuda harus tetap semangat dalam mengisi segala leading sektor. "Para pemuda adalah generasi penerus bangsa. Berawal dari para pemudalah suatu bangsa itu bisa dikatakan kokoh atau tidak. Maka dari itu para pemuda sangat memiliki peran strategis dalam menjaga keutuhan NKRI, selaras dengan spirit perjuangan pemuda yang tertuang dalam Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober tahun 1928,”  ujarnya.

Kekuatan sebuah bangsa terletak di tangan para pemudanya. Karena merekalah yang akan menunjukkan wajah kehormatan suatu bangsa dalam segala kontes kehidupan. Jika para pemuda dalam suatu negara mengalami kerusakan moral dan agama, maka sangat disayangkan nasib bangsa itu nantinya.Karena bagaimana pun, pemuda adalah kader bangsa yang harus terbina dengan segala bentuk pendidikan. Baik itu pendidikan kejiawaan (Psykologi) sampai pendidikan politik. Jangan sampai pendidikan yang dirancang dan dilaksanakan oleh negara tidak memerhatikan masa depan para pemudanya.

Kontributor : Muhammad Munib

Editor          : Habibur Rohman

Posting Komentar

0 Komentar