Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mahasiswa STAI Al-Kamal Berbagi Takjil di Pamotan, Sedan dan Sarang

REMBANG, Jurnaliska.com - Panitia Festival Ramadan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kamal usai melaksanakan kegiatan bagi-bagi takjil, hari Ahad (25/4/2021) tadi sore. Kegiatan dilaksanakan pada pukul 16.30 WIB. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Panitia Festival Ramadan kepada masyarakat Rembang di tengah kondisi ekonomi yang tidak stabil karena pandemi COVID-19.

Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat yang melintas di jalan, sekitar titik bagi ta'jil dan orang-orang yang tidak mampu di sekitar tempat tersebut, yang berlokasi di Pamotan, Sedan, Sarang. Pemberian takjil ini berupa 300 bubur dan stiker.

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa memberi buka puasa bagi orang puasa, maka ia akan mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang mengerjakan puasa sedikitpun.

Alhamdulillah di Tahun 2021, mahasiswa STAI Al-Kamal melakukan bagi-bagi takjil dengan jumlah 336 takjil yang di bagikan ditiga tempat, diantaranya, Sarang (Depan Kampus STAI Al-Kamal Sarang), Sedan (Depan Kantor POS Sedan) dan Pamotan (Depan Masjid Pamotan). 

Alhamdulillah dilaksanakan secara baik, hal ini bertujuan selain memberi kepada masyarakat umum, juga menumbuhkan jiwa dermawan kita dan rasa peduli kita terhadap sesama umat Islam. 

Sementara dalam "Ganjaran Berbagi Takjil untuk Orang Berpuasa", Syekh Said Muhammad Ba’asyin dalam Busyrol Karim mengatakan bahwa orang yang berpuasa disunahkan berbagi sesuatu dengan orang lain untuk buka puasanya meskipun hanya sebutir kurma atau seteguk air. Kalau dengan makan malam, tentu lebih utama.

"Semoga bisa lebih baik lagi dari tahun ke tahun. Selalu Istiqomah dan bisa membawa nama baik STAI Al-Kamal untuk menjadi Sekolah tinggi Islam yang Profesional, berkualitas dan berkarakter," ucap Ahmad Waidul Humam Kordinator pusat bagi takjil.

“Untuk meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah atas semua kenikmatan serta masih diberikan kesempatan untuk berbagi dan menjalankan ibadah puasa serta mempererat tali silaturahmi di lingkungan masyarakat oleh karena itu kami mengadakan kegiatan ini dengan harapan bisa sedikit mambantu dan meringankan beban masyarakat,” ujar Abdul Azis selaku ketua pelaksana kegiatan.

Pandemi COVID-19 masih melanda di berbagai daerah khususnya di Rembang ini. Pandemi ini membuat golongan masyarakat menengah ke bawah kesulitan secara ekonomi. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan disambut dengan antusias oleh masyarakat area Pamotan, Sedan, Sarang. DEMA STAI Al-Kamal berharap dengan adanya pembagian takjil ini bisa sedikit meringankan beban terutama pada tukang warga yang kesulitan.

Habibur Rohaman Presiden Mahasiswa STAI Al-Kamal menambahkan bahwa harapan kami adalah untuk membantu masyarakat  yang masih berada di jalan saat menjelang buka puasa, selain itu untuk menjalin hubungan silaturahmi kepada masyarakat dan juga setidaknya mengamalkan dari Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian terhadap masyarakat. Dan meskipun kami langsung turun ke jalan, kami tetap memperhatikan himbauan dari pemerintah untuk tetap menjaga Physical Distancing demi mencegah penularan COVID-19.

Dengan melakukan kegiatan kepedulian ini, panitia Festival Ramadan mampu memahami masyarakat yang membutuhkan di kondisi bulan ramadhan yang saat ini masih dalam keadaan pandemi COVID-19. Selain itu juga agar menjadi mahasiswa yang mampu mengabdi kepada masyarakat.

Penulis : Habibur Rohman

Editor : Asnal Mayawi

Posting Komentar

0 Komentar