Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tips Khatam Al-Quran di Bulan Suci Ramadan Penuh Berkah

JURNALISKA.COM - Salah satu amalan yang lebih disukai di bulan suci Ramadan adalah memperbanyak membaca Al-Quran. Selain karena pahala ibadah akan berlipat ganda, Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad di bulan yang penuh berkah ini.

Dalam hadits shahih dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bertemu dengan Malaikat Jibril setiap malam pada bulan Ramadhan untuk membacakan Al-Qur'anul Karim.

Maka, tidak heran banyak umat Islam yang ingin mengikuti jejak Rasulullah dan memenuhi target untuk mengkhatamkan Al-Quran di bulan suci Ramadan.

Mungkin diluaran sana, masih banyak kaum muslimin yang masih belum tahu cara jitu menghatamkan Al Qur'an di bulan Ramadhan, entah karena sibuknya pekerjaan atau dihinggapi kemalasan. Berikut ini adalah tips khatam Al-Quran di bulan Ramadhan yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Membangun Niat

Niat dibutuhkan untuk membangun tekad kuat agar seseorang dapat melakukan suatu ibadah dengan istiqamah. Tentu saja mengkhatamkan Alquran harus diniati untuk mengharap ridha Allah SWT.

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju.”

2. Buat Komitmen

Buatlah komitmen dan yakinkan diri sendiri bahwa Anda dapat khatam Al-Quran selama Ramadhan. Misalnya dengan mengingat atau menulis kalimat motivasi seperti “Mulai hari ini saya senantiasa tadarus Al-Quran setiap hari dan khatam setiap bulan.

Akan lebih mudah untuk Anda bertadarus di waktu-waktu tertentu dengan menetapkan target. Misalnya setelah selesai shalat Tahajud membaca sepertiga juz, setelah shalat Subuh sepertiga juz, dan setelah shalat Magrib membaca sepertiga juz.

Menurut salah satu tokoh agama yang berada di Desa Jatisari, Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang, waktu terbaik untuk memperbanyak bacaan Al-Quran adalah di malam hari, karena seseorang dapat terbebas dari segala kesibukan. Dengan demikian hati dan pikiran hanya berfokus pada ayat-ayat suci yang ada di hadapannya.

Saat ini karena telah menjelaskan pembagian atas Alquran dalam bentuk kitab, maka umat Muslim dapat membaca Alquran satu juz setiap hari. Artinya selama tiga puluh hari atau satu bulan, kita bisa mengkhatamkan tiga puluh juz Al-Quran.

Itulah sedikit tips khatam Al-Quran di bulan suci Ramadan dari Jurnaliska.com. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat.

Kontributor : Abdul Aziz

Editor : Asnal Masyawi

Posting Komentar

0 Komentar