Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bantu Pengembangan UMKM Melalui Digital Marketing, Kelompok 5 KKN Staika Gelar Workshop

Jurnaliska-Minggu, 24/7/2022, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 5 Desa Karangmangu Tahun 2021/2022 Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kamal mengadakan program pelatihan/workshop Digital Marketing bersama pelaku UMKM Desa Karangmangu.

Sebelumnya Kelompok 5 KKN Staika telah mengadakan observasi sekaligus pendataan potensi usaha yang ada di Desa Karangmangu. Ada beberapa UMKM diantaranya pengolahan petis, pengolahan krupuk ikan laut, pengolahan ikan asin, dan ikan panggang.

Tujuan dari program pelatihan/workshop ini adalah memberikan bekal kepada warga khususnya pelaku UMKM untuk bersiap memulai transisi dari cara bisnis secara tradisional menuju berbisnis secara modern atau berbasis online.

"Pada acara ini kami harapkan bisa memberi wawasan kepada masyarakat karangmangu tentang pentingnya UMKM melalui dunia sosial media untuk mengembangkan perekonomian warga di kancah nasional sampai internasional. Yang insyallah akan bermanfaat di kegiatan marketing masyarakat desa.", ujar Habibur Rohman, mahasiswi Prodi HKI, sekaligus Kordinator Desa di kelompok 5.

Pelatihan Digital Marketing ini dihadiri oleh pemateri Mahasiswa STAI Al-Kam sendiri yang juga sebagai CEO Rokib Store dan Sekertaris Umum BPC Hipmi Rembang. Materi yang dibawakan diantaranya Pengenalan tentang Digital Marketing, perbedaan Digital dengan Tradisional Marketing dan bagaimana cara memasarkan produk menggunakan platform market place seperti instagram, tik tok, shoppe dan platform lainnya.

Meskipun ada beberapa kendala saat proses pelaksanaan acara, Kelompok KKN 5 dipermudah dengan adanya bantuan dari masyarakat dan Pemerintah Desa setempat sehingga acara bisa berjalan sesuai rencana hingga selesai.

"Apresiasi sepenuhnya kepada temen-temen KKN karena acaranya sangat menarik dan berguna untuk era hari ini, jikapun nanti diperlukan untuk fasilitas guna menunjang keberhasilan pendampingan Digital marketing ini, kami siap dari pemdes nantinya untuk menganggarkan", ucap H. Jumali, S.Pd.i Kepala Desa Karangmangu pada sambutan pembukaan.

Dengan diselenggarakannya workshop Digital Marketing ini, diharapkan dapat memberikan kesempatan pada para pelaku UMKM untuk berani membuka usahanya di dunia pemasaran berbasis online serta membantu perekonomian di Desa Karangmangu, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang.

Posting Komentar

0 Komentar