Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

*OPENING CEREMONY PBAK 2023 ( Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan)*




Sarang, 8 Oktober 2023, telah dilaksanakan PBAK yaitu Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan dengan tema "Membangun Kampus Yang Moderat Melalui Moderisasi Beragama".

Acara tersebut dimulai pukul 19.00-11.30 WIB dilaksanakan di Aula STAI Al- Kamal Sarang yang diikuti kurang lebih 72 Mahasiswa Baru dari berbagai fakultas. Turut hadir dalam Opening Ceremony tersebut yaitu Rektor, Wakil Rektor, Para Dekan, Kepala Bagian Umum dan Akademik, serta ketua SEMA, DEMA dan ketua Pelaksana.


Acara tersebut dipandu oleh Host PBAK yang diawali dengan Colab Teater dan Band berserta dengan UKM lainnya, Pertunjukan drama, puisi orasi pantomim, stand up, Band, puisi berantai, dan musikalisi puisi. 


Selanjutnya acara tersebut dipandu oleh MC PBAK yang diawali dengan bacaan Basmalah kemudian pembacaan ayat-ayat suci al-qur’an  dan dilanjutkan menyanyikan lagu 

Indonesia Raya

Mars STAI Al-Kamal 

Mars Syubbanul Wathon

Acara selanjutnya yaitu sambutan-sambutan. Sambutan pertama adalah oleh Ketua PBAK 2022 yaitu Aminaturrohmaniah, sahabati Amina berharap bahwa perubahan dari siswa menjadi mahasiswa baru bukan hanya diiringi dengan gelar dan title saja tetapi juga harus diiringi dengan ilmu dsb. Sahabati Amina juga berharap menjadi mahasiswa harus mampu bertanggung jawab atas diri sendiri maupun orang lain , menjelaskan arti tema PBAK 2023 yang artinya menjadi Al- Kamal muda harus menerima beragam perbedaan dari seluruh indonesia dan mampu melawan apapun yang hari ini merongrong kesatuan indonesia.



Sambutan yang kedua yaitu oleh Sdr. Dini Helmi selaku Ketua DEMA , beliau mengatakan bahwa 72 mahasiswa menggantungkan cita-citanya pada perguruan tinggi , bagaimana mahasiswa tidak kehilangan entitas yang sesungguhnya bahwa kampus tidak bisa menjamin kesuksesan kita.


Sambutan selanjutnya sekaligus membuka acara oleh Rektor Al- Kamal, Prof. Dr. H. M.noor hasan M.H, secara resmi membuka Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun 2023. Pembukaan simbolis dengan pemotongan pita STAI Al-Kamal Sarang  serta penyematan tanda mahasiswa baru. Rektor mengucapkan selamat datang bagi Mahasiswa Baru STAI Al- Kamal Muda yang telah resmi bergabung menjadi Keluarga Besar STAI Al-Kamal Sarang.


Prof. Dr. H. M.noor hasan M.H, menyampaikan bahwa menjadi mahasiswa jelas berbeda dengan siswa, untuk itu daya kritis harus ada argument. Karena itu, mahasiswa harus dipertajam penalarannya, bukan hoax dan seterusnya. “Mahasiswa harus berfikir kritis, tentunya dengan mengedepankan interaksi intelektual dan literasi budaya universitas”, pungkasnya.


LPM Jurnaliska

Penulis : Najah dan Rizalullah

Editor   : Ilma

Posting Komentar

0 Komentar