Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Luar biasa !, Fakta di balik pengukuhan PC PMII Rembang

 


Pengukuhan Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rembang mempersembahkan hasil kajian ilmiah dan video dokumenter dengan tajuk "Setitik Asa Untuk Rembang".


Tujuan dibuatnya kreasi ini guna menjembatani serta meningkatkan sensitivitas mitra kritis kader intelektual dalam menyoroti permasalahan di sektor Kabupaten Rembang yang dikemas berbentuk Focus Group Discussion (FGD). Proses pembuatan kedua komposisi tersebut berlangsung seminggu sebelum acara terlaksana, Sabtu (9/12/2023).


Personil tim kajian diantaranya sahabati Ayu Lestari, Sahabati Luklu'ul Hisbiyah, dan sahabati Sadewi, sedangkan untuk tim videografi yaitu ada sahabat Irfan Nawawi, dan sahabat M. Ikhsanurrizqi. Ide ini tercipta karena diprakarsai oleh sahabat Khanda Eka Meylana A.


"Ide kajian ini muncul sebagai representasi kader PMII dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dan sebagai bukti eksistensi PMII dalam pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Rembang," ujar Khanda.


Khanda mengimbuhkan, bahwa adanya kajian dan Focus Group Discussion (FGD) tersebut karena tidak berkenan jika hanya berbalut acara yang berbau formalitas belaka.


"Saya mengharapkan kajian ini mampu menginisiasi kader-kader PMII untuk meningkatkan kepekaan dan menghasilkan karya yang empiris, tak terjebak hanya dalam ruang dialektis saja," kata Khanda.


Selaras dengan hal ini, Irfan Nawawi selaku Koordinator tim videografi mengaku jika hasil dari produk PC PMII Rembang menjadi daya tarik serta dapat memasukkan makna dari nilai dasar pergerakan itu sendiri.


"Pilar dari salah satu nilai dasar pergerakan adalah Hablum Minan Naas. Dimana kita sebagai manusia tidak hanya bersikap individulisme, akan tetapi kita juga harus tetap mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan," ujar Irfan.


Ketua Umum Cabang PMII Rembang, Habibur Rohman berharap untuk kedepannya PMII dapat berdampak dari segi pendampingan masyarakat.


"Harapan ke depan setelah adanya video pendek dan buku kajian itu menjadi jalan untuk PMII rembang bergerak yang berdampak, rencana setelah menghasilkan karya ke depan, PMII Rembang akan konsen dalam pendampingan masyarakat, langkah selanjutnya setelah ini program kerja dari cabang bisa menjawab kebutuhan yang menjadi keluh kesah dari pada warga Rembang," sahut Habib.


Mereka bekerja sesuai tugasnya masing-masing di bidang literasi maupun videografi. 


Maka dari itu, dari hasil kajian ini, adapun beberapa poin penting yang terlampir dalam surat pernyataan PC PMII Rembang masa khidmat 2023-2024, diantaranya:


1. Kami pengurus cabang pergerakan mahasiswa Islam Indonesia Kabupaten Rembang sepakat dalam mengawal permasalahan dari empat sektor yang telah dikaji.


2. Kami pengurus cabang pergerakan mahasiswa Islam Indonesia Kabupaten Rembang memohon semua stakeholder untuk membantu, serta bersinergi dengan kami selaku kader intelektual dalam mengatasi permasalahan di sektor pendidikan, industri, pertanian, dan perikanan.


3. Kami pengurus cabang pergerakan mahasiswa Islam Indonesia Kabupaten Rembang berkomitmen untuk membantu membersamai dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Rembang.


4. Kami pengurus cabang pergerakan mahasiswa Islam Indonesia Kabupaten senantiasa tetap mempublikasikan segala perkembangan selama pengawalan berlangsung di ruang digital.


Kontributor: Ayu lestari

Editor: Shohibul Burhan 

Posting Komentar

0 Komentar